Bergeraklah seindah Mentari pagi menyinari bumi, ia bergerak memberikan kehangatan namun tak membakar. Bergeraklah atas dasar apa yang kalian pelajari dan pahami, bukan sebatas apa yang kalian ketahui. (Semangat Peradaban, DPM FE 2016)

Rabu, 02 Juli 2014

Tuhan memberi yang terbaik bagi hamba-NYA yang bersabar

Oleh : Ibnu Ramadhany

     Mengirup nafas-nafas kehidupan yang luar biasa, menghembuskan indahnya cinta kasih kepada-NYA. Cinta atas dasar keikhlasan, cinta atas dasar pengabdian dan  cinta yang di dasari oleh tegaknya tauhid dalam sanubari. Cinta murni yang hanya patut dipersembahkan kepada Sang Pemberi petunjuk dalam setiap keletihan hidup, Keletihan-keletihan dalam setiap lekak perjuangan. perjuangan yang tanpa-NYA hanya sekedar mampu mengantarkan manusia kepada lembah kesombongan, keangkuhan dan tak mampu menjadi teladan terbaik bagi sekelilingnya.
 Allah menciptakan siang, Dia juga menciptakan malam. Allah menciptakan adam maka ia pula yang menciptakan hawa, dan Allah menciptakan yang sekiranya itu adalah masalah baginya maka allah pula yang selalu menuntun hamba-NYA ke arah yang lebih baik, yang sekiranya itu adalah obat baginya. Sungguh Begitu indah keseimbangan dalam genggaman-NYA. Dalam Kalam nan indah Allah berfirman :
“ Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya”. (QS. Al Anbiyaa’ : 33)
Mahabenar Allah dengan segala firman-NYA. Dan sungguh Allah menciptakan semua itu dengan tujuan yang benar. Tujuan agar rahmat Allah benar-benar singgah dalam setiap pribadi muslim, muslim yang selalu mengambil ibrah dari semua yang Allah gariskan.
Ketika hati tak berbenah, mulai ragu dalam setiap bahasan sanubari, ketika lisan mulai tak bisa dibasahai oleh indah-NYA kalimat-kalimat dzikir kepada-NYA, dan Ketika tingkah acapkali tak seirama dengan tuntunan-NYA. Maka sungguh itulah orang-orang yang tidak bisa mengarahkan hidupnya kedalam nikmatnya islam, indahnya iman, dan kegermelapan ikhsan dalam hati, itu lah orang-orang yang sungguh akan terbebani dengan irama sulap dunia ini.
Masalah dunia adalah masalah yang semu, masalah yang dimana acapkali seorang hamba tergelintir dalam pemecahannya. Terkadang apa yang di gariskan oleh Allah tidak semua manusia dapat mengetahuinya, dan apa yang diharapkannya seringkali tak sesuai dengan apa yang Allah gariskan. “Manusia tak akan pernah mengetahui dibalik indahnya suatu nikmat yang Allah berikan kepadanya dan tak pernah pula mengetahui apa yang ada dibalik ujian yang menerpanya”.

Semakin tinggi keyakinan seorang hamba, maka semakin berat pula ujiannya, tapi ketahuilah bahwa semakin dekat pula jarak antara surga dengannya. Sungai mengalir pasti ada ujungnya, masalah mendera pasti ada kelarnya. mohon lah untuk setiap masalah hanya kepada-NYA melalui 2 hal, dua hal yang sudah di janjikan-NYA untuk setiap permasalahan, yatu sabar dan sholat. Jangan menyerah. . . :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar