Bergeraklah seindah Mentari pagi menyinari bumi, ia bergerak memberikan kehangatan namun tak membakar. Bergeraklah atas dasar apa yang kalian pelajari dan pahami, bukan sebatas apa yang kalian ketahui. (Semangat Peradaban, DPM FE 2016)

Sabtu, 19 Juli 2014

Semangat PPA, Semangat Baru Perubahan

     Detik hari menjelang PPA kini makin dekat di rasa. berbagai segala macam bentuk persiapan nampaknya juga telah dikerahkan semaksimal mungkin dalam menyambut calon mahasiswa baru, mahasiswa pembawa risalah perubahan. Ya Perubahan. memang sejatinya perubahan itu ada di tangan kita sebagai mahasiswa dan mereka yang dalam hitungan hari akan bergabung pula dengan kita dalam membawa risalah perubahan itu. 
    PPA ajang terciptanya semangat baru dalam pergerakan yang telah kita lalui sebelumnya. segala macam kejenuhan yang mungkin kita rasakan, segala bentuk kekacauan pikiran akibat terlalu banyak mengkonsumsi miss dalam organisasi, sejatinya itu semua akan terobati pasca PPA. dimana ketika semua hal itu muncul maka semangat dari mahasiswa barulah yang mampu mendobrak kita semua kembali pada tujuan awal. membawa perubahan secara tuntas demi terciptanya peradaban sejati. 
     Mahasiswa baru merupakan lahan garapan yang paling potensial diantara kumpulan mahasiswa yang sudah in-idealis. maka sejatinya lahan yang potensial ini kita harus menggunakan usaha yang maksimal pula untuk menggarap ladang tersebut menuju aspek kebaikan. jangan sampai lahan ini hilang dimakan oleh kelompok keburukan yang ada di sekitar kita.
   Ada sebuah kekhawatiran sendiri menjelang dan dalam waktu menanti datangnya PPA. Kekhawatiran itu muncul sebagai respon dari ketidaksiapan kita dalam mempersiapkan semuanya. bisa karena kemalasan, ataupun justru ketidaksiapan muncul dikarenakan karena banyaknya program kerja yang kita laksanakan sehingga mengabaikan sejumlah persiapan untuk sahabat yang nantinya akan bergabung bersama kita (Mahasiswa). Dampak dari adanya ketidaksiapan tersebut biasanya akan mengarah kepada kita lagi nantinya. sebagai contoh sebuah anggapan yang sudah menjadi budaya dari kita adalah "banyak mahasiswa yang mainstreem, banyak mahasiswa yang apatis" ataupun lain sebagainya. Padahal sejatinya "tidak ada mahasiswa yang apatis, melainkan justru adanya kekurang cerdasan kita dalam menyampaikan", dan itulah salah satu akibat dari kekurangsiapan kita. yang sebenarnya akibat lain yang di timbulkanpun masih banyak termasuk pada ranah pengkaderan. Sebuah hal yang harus di garis bawahi adalah "bahwasanya segala bentuk persiapan jangan sampai hanya mengantarkan calon mahasiswa baru kepada "sheet oriented", akan tetapi hal yang seharusnya lebih di dominasikan adalah "Change Oriented". Oleh karena itu salah satu bekal yang teramat penting bagi kita adalah mempersiapkan Road map/legal drafting/blue print atau yang lain untuk mereka(Sense of Direction).

Sukses PPA, Sukses Peradaban.
DPM FE Unnes 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar